INFORMASI :

Selamat Datang di Website Desa Gandusari Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen

Perayaan Idhul Adha 1443 H, Tahun 2022

Perayaan Idhul Adha 1443 H, Tahun 2022

Sesuai dengan keputusan Pemerintah bahwa hari raya Idhul Adha jatuh pada hari Minggu, 10 Juli 2022. Diketahui sebelumnya, dengan melihat tanggal kalender tahun 2022 hari raya Idhul Adha jatuh pada hari Sabtu tanggal 9 Juli 2022, namun berdasarkan pengamatan hilal oleh Kementerian Agama maka tanggal 10 dzulhijah 1443 H  jatuh pada hari Minggu 10 Juli 2022, hal ini berbeda dengan Muhammadiyah yang tetap merayakan hari raya Idhul Adha pada hari Sabtu 9 Juli 2022.

Masyarakat desa gandusari yang mayoritas Nahdlatul Ulama (NU) merayakan sesuai dengan keputusan Pemerintah yaitu hari minggu 10 Juli 2022. Idhul Adha juga sering disebut dengan lebaran qurban dan juga lebaran haji. Seperti yang sudah  dilakukan   pada hari raya Idhul Adha sebelumnya, umat muslim melaksanakan sholat Idhul Adha pada pagi hari, untuk desa Gandusari pelaksanaan sholat di dua masjid yaitu Masjid Baitul Mu'minin yang terletak di dusun Gandusari dan Masjid Raudlatul Muta'abbidin di dusun Menjangan.

Pada pukul 06.00 WIB para jamaah sudah mulai  berdatangan ke masjid, suara lantunan takbirpun sudah terdengan dari malam hari sampai menjelang sholat Ied dilaksanakan. Sholat Idul Adha di Masjid Baitul Mu'minin dilaksanakan pada Pukul 06.45 WIB .
Setelah selesai pelaksanaan Ibadah sholat, Panitia qurban menyiapkan hewan qurban untuk disembelih. Sebagaimana diketahui bahwa tahun ini Takmir Masjid Baitul Mu'minin Desa Gandusari membentuk panitia qurban, tujuannya adalah untuk mempermudah masyarakat berkurban dan mengkoordinir penyaluran hewan qurban.

Sesuai laporan yang diterima jumlah hewan qurban di Desa Gandusari adalah Sapi 10 ekor, Kambing 27 ekor dan domba 1 ekor. Adapun hewan qurban yang disembelih oleh Panitia qurban adalah Sapi sejumlah 4 ekor dan Kambing sejumlah beberapa ekor. Sapi diperoleh dari patungan warga yaitu satu sapi ada yang tujuh orang serta ada juga yang perorangan, dan untuk kambing adalah perorangan.

Dalam proses pengulitan, pencucian dan pemotongan daging, panitia membagi 1 sapi dipekerjakan oleh 10 orang. Daging di kemas dalam plastik kemudian dibagi ke masyarakat Desa Gandusari. Dari sejumlah hewan qurban tersebut, diharapkan pembagiannya bisa merata untuk seluruh masyarakat Desa Gandusari., sehingga pada hari raya Idhul Adha ini, semua warga selain mendapatkan pahala dari Ibadah puasa, sholat sunnah dan ibadah lainnya juga bisa mendapatkan keberkahan dengan  saling berbagi melalui daging qurban. 

Melihat data qurban di Desa Gandusari untuk tahun ini cukup banyak, diharapkan untuk tahun  berikutnya mudah- mudahan jumlahnya bisa bertambah ataupun minimal jumlahnya kurang lebih tidak jauh dari tahun sekarang, sehingga seluruh warga bisa merayakan hari Raya Idhul Adha dengan suka cita , saling berbagi dan penuh berkah. Kemudian, dengan adanya Panitia qurban yang sudah dibentuk diharapkan  warga Desa Gandusari pada tahun mendatang  bisa berkurban lewat Sekretariat Panitia, selain untuk mempermudah juga dapat meningkatkan rasa kebersamaan, kegotong royongan dan juga untuk mengkoordinir pembagian daging qurban agar merata untuk seluruh masyarakat Desa Gandusari.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter